Cara dan Penanganan Pemberian ASI Pada Bayi Prematur

Tips Pemberian ASI Pada Bayi Prematur

Ibu biasanya akan mengalami masalah ketika harus memberikan ASI tetapi bayinya mengalami kelahiran prematur dan berat badan rendah. Bayi prematur biasanya dirawat di ruangan intensif (NICU) untuk terhubung ke tabung pernapasan, infus dan monitor. Anda mungkin tidak dapat menyentuh atau memeluknya. Perawatan segera bayi tampaknya gerhana setiap keprihatinan lain dan berpikir Anda mungkin memiliki. Jadi sekarang Anda mungkin bertanya, dengan beberapa kekhawatiran “Dapatkah saya masih menyusui bayi saya?”

Ya, Anda bisa. Ada banyak alasan yang baik untuk memasok bayi dengan ASI. Ini adalah sesuatu yang hanya dapat Anda lakukan, dan memungkinkan Anda untuk mengambil peran yang lebih aktif dalam perawatan bayi. The ASI dari ibu yang melahirkan prematur cocok dengan kebutuhan khusus dari bayi prematur. Kolostrum dan ASI mengandung sel-sel darah putih, antibodi dan sifat kekebalan berharga yang dapat membantu bayi prematur melawan infeksi. Studi terbaru menunjukkan bahwa ASI dapat meningkatkan perkembangan saraf bayi prematur.

Hal ini tidak mudah. Pasokan bisa sangat sulit untuk membangun dan memelihara. Anda harus menggunakan ASI sampai bayi Anda cukup matang untuk menyusui langsung, dan kadang-kadang lebih lama.

Kapan Mulai Pemberian ASI atau menyusui

  • Jika bayi Anda stabil dan relatif baik, menyusui dapat secara bertahap diperkenalkan dari sekitar 32-33 minggu. Sebelum tahap ini, ASI dapat diberikan kepada bayi Anda melalui tabung gavage, dan bunga bayi dalam menyusui didorong oleh kontak kulit-ke-kulit perawatan kanguru.
  • Anda harus mulai mengekspresikan hari ke hari setelah kelahiran bayi, dan bahkan sebelumnya jika memungkinkan. Beberapa ibu lebih memilih untuk memulai dengan tangan mengekspresikan. Seorang perawat atau konselor laktasi harus menunjukkan cara yang tepat untuk mengungkapkan baik dengan tangan atau dengan ASI a. Setelah susu telah datang, Anda akan perlu untuk mulai menggunakan ASI yang baik. Pompa mungkin merasa tidak nyaman pada awalnya, jadi cobalah untuk menggunakan setelan rendah. Dalam waktu, Anda akan dapat meningkatkan kecepatan dan pengaturan hisap pompa.
  • Menyimpan dan membekukan ASI Beberapa rumah sakit tidak mengizinkan penggunaan susu beku. Cara Penyimpanan ASI dalam lemari pendingan (1) Wadah yang digunakan untuk pengumpulan atau penyimpanan ASI harus bersih dan steril. Sebagian besar rumah sakit menyediakan wadah steril atau botol, atau botol kecil air steril (air buangan) yang dapat digunakan untuk menyimpan ASI. Kantong plastik kecil atau liners botol sekali pakai (kantong ganda) dapat digunakan untuk membekukan susu. Beberapa produsen ASI membuat tas khusus untuk tujuan menyimpan susu meskipun ini bisa mahal. (2) Pemberian label koleksi masing-masing dengan nama dan tanggal, seperti susu tertua akan digunakan terlebih dahulu. Hal ini paling aman untuk mendinginkan atau membekukan ASI segera setelah memompa. Susu segar dapat didinginkan dan diangkut di atas es ke NICU. NICUs Banyak memiliki kulkas atau freezer di mana Anda dapat menyimpan susu Anda. Pastikan bahwa Anda tidak melimpahi setiap tas susu yang akan dibekukan sebagai susu akan memperluas dalam proses pembekuan.
  • Susu Beku: jika dicairkan di lemari es tetapi tidak hangat (4 jam atau kurang pada suhu kamar), dicairkan di lemari es (24 jam tapi jangan refreeze), dicairkan dalam air hangat (hanya untuk durasi pakan, atau kembali dalam lemari es selama maksimal 4 jam).
  • Defrost: Thaw di bawah air hangat yang mengalir atau dalam bak air hangat. Jangan gunakan air panas, karena hal ini dapat merusak beberapa manfaat susu. Jangan mencair dengan meninggalkan di meja untuk jangka waktu yang panjang (kulkas adalah OK meskipun). Jangan microwave untuk memanaskan ASI atau mencair. ASI juga memisahkan, sehingga lembut swirl untuk remix

Waktu Penyimpanan ASI : Rekomendasi yang diberikan oleh The Nursing Mothers Association of Australia

  • Susu segar (6 jam pada suhu kamar)
  • kulkas (3-4 hari, di belakang lemari es di mana itu terdingin)
  • Freezer kulkas Anda (2 minggu)
  • Kulkas memiliki pintu terpisah (3 bulan)
  • Deep freezer (6-12 bulan).

Tip dan Cara Pemberian ASI Pada bayi Prematur

  • Pompa lebih awal dan sering Sebaiknya seorang ibu harus memompa ASI untuk pertama kali selang 6 jam setelah kelahiran. Rencanakan untuk memompa sekitar 8 kali dalam sehari. Anda harus memompa setiap 2 sampai 3 jam pada siang hari, dan setiap 3 sampai 4 jam pada malam hari atau selama bekerja. Untuk hari pertama atau dua, sebelum susu Anda masuk, Anda akan harus memompa selama sekitar 5 menit setiap tiga jam pada siang hari, dan sekali pada malam hari. Setelah susu Anda datang (tidak peduli seberapa kecil jumlah yang dihasilkan), Anda harus mencoba untuk mengungkapkan setidaknya 6-8 kali dalam setiap periode 24 jam, selama yang dibutuhkan untuk benar-benar mengosongkan payudara Anda. Anda akan perlu untuk menyewa atau membeli rumah sakit kelas ASI listrik untuk digunakan di rumah. Sering memompa bisa sulit untuk mengelola dengan bayi sakit tetapi akan membantu untuk membangun dan menjaga pasokan Anda. Jika bayi Anda berada di rumah sakit untuk waktu yang lama, Anda mungkin memutuskan bahwa akan lebih baik bagi Anda untuk tidur sepanjang malam, tetapi cobalah untuk tidak pernah pergi lebih dari 8 jam tanpa mengungkapkan. Ketika Anda tahu bayi Anda akan segera pulang, Anda dapat mulai mulai mengungkapkan pada malam hari lagi.
  • Pemberian ASI pada Bayi prematur Pemberian ASI dapat dilakukan dengan cara menyusui bayi langsung dari payudara ibu, atau dapat pula dengan memberikan ASI perah menggunakan cangkir khusus (cup feeding) dan dengan selang (orogastric tube). Tetapi pada beberapa bayi prematur biasanya memiliki permasalahan dalam mengkoordinasikan, mengisap, menelan, dan bernapas dengan cukup baik untuk menerima cairan dari payudara atau botol.
  • Mencari informasi Meskipun kegiatan menyusui adalah sesuatu yang alami, tapi tidak selamanya hal ini dapat berjalan lancar. Pelajari sebanyak mungkin segala sesuatu hal tentang cara menyusui selama hamil. Jika Anda tahu bahwa Anda berisiko untuk melahirkan bayi prematur, maka segera cari tahu tentang cara menyusui bayi prematur. Misalnya, dengan membaca tentang buku menyusui yang khusus menjelaskan tentang cara menyusui bayi prematur.
  • Gunakan metode kanguru Metode kanguru adalah sebuah metode perawatan bayi baru lahir dengan cara meletakan bayi di dada ibu (skin to skin) untuk menyalurkan kehangatan pada bayi. Metode perawatan ini juga dapat membantu mempermudah ibu dalam memberikan ASI kepada bayi. Bahkan banyak yang percaya bahwa ibu yang menjalankan praktek perawatan kanguru secara langsung dapat meningkatkan pasokan ASI.

Tip Meningkatkan ASI

  • Atasi Stres Stres dan kelelahan yang datang dengan memiliki bayi prematur dapat menjadi kontra-produktif untuk pasokan susu Anda. Sebuah diet yang baik dan banyak cairan sangat penting, dan perlu direncanakan sebaik mungkin. Jika Anda menemukan pasokan Anda berkurang meskipun upaya terbaik Anda, cobalah untuk menghabiskan satu atau dua hari di tempat tidur, bangun hanya untuk makan dan mengekspresikan.
  • Meningkatkan frekuensi memompa Kebanyakan wanita menemukan bahwa sesi sering memompa lebih pendek bekerja lebih baik daripada yang lama spasi lebih lanjut selain, misalnya, 10 menit setiap tiga jam, bukan 20 menit setiap empat jam. Anda perlu bereksperimen dan mencari tahu apa yang bekerja dan apa yang praktis untuk Anda. Jika bayi Anda masih di rumah sakit, Anda mungkin tidak memiliki kesempatan untuk mengekspresikan freqently.
  • Obat Herbal Ada berbagai obat herbal yang populer dan pantas untuk dicoba (tapi tidak semua sekaligus!). Ini termasuk ragi, fenugreek teh atau kapsul, diberkati thistle (milk thistle) dan teh susu ibu. Ini biasanya tersedia di toko makanan kesehatan.
  • Obat Ada juga obat-obatan yang dapat membantu Anda let-down seperti Metoclopraminde, tersedia sebagai Reglan di Amerika Serikat dan sebagai Maxalon atau Pramin di Australia dan Inggris. Konsultan laktasi di rumah sakit Anda dapat menyarankan Anda tentang ini. Mereka tidak cocok atau efektif untuk semua orang.
  • Teknik Pijat Kompres hangat dan pijat payudara sebelum memompa membantu mereka untuk bersantai, dan bahwa hal ini pada gilirannya menghasilkan hasil yang lebih tinggi dari susu. Menghentikan beberapa kali selama pemompaan untuk memposisikan kerucut pompa kadang-kadang dapat membantu. Bolak ekspresi tangan dengan mesin memompa selama sesi juga dapat memberikan hasil yang lebih besar. Jika Anda tidak menggunakan pompa ganda, ini adalah sesuatu yang harus Anda pertimbangkan.
  • Pastikan bahwa pompa Anda bekerja dengan benar dan hisap adalah benar dan gasket semua ketat. Jika ada masalah, Anda biasanya dapat kembali pompa atau mendapatkan lampiran baru.
  • Posisi Pemberian ASI Posisi bayi di pangkuan Anda, berbalik ke arah Anda, dada ke dada. Gunakan bantal untuk membawa bayi sampai ke ketinggian payudara Anda. Jika Anda memberikan payudara kanan Anda, pegang kepala bayi di tangan kiri Anda, dan mendukung payudara Anda. Ganjal payudara Anda menggunakan tangan atau posisi khuusu. Posisi ini mendukung dagu bayi Anda dalam gendongan antara ibu jari dan jari telunjuk. Posisi tangan menyangga payudara ke depan, mendukung payudara dengan tiga daripada empat jari. Jari telunjuk dan ibu jarinya sekarang harus bebas di depan putingnya. Tekuk sedikit ibu jari telunjuknya sedikit sehingga lembut memegang pipi bayi di satu sisi, sementara ibu jari memegang pipi lainnya. Jari telunjuk dan ibu jari membentuk “U” dengan dagu bayi beristirahat di bagian bawah

Jika Bayi Gagal tumbuh

  • Jika bayi Anda gagal untuk mendapatkan berat badan, mungkin akan direkomendasikan bahwa Anda melengkapi menyusui dengan susu formula atau susu Anda dapat ditingkatkan dengan fortifier a. Ini tidak berarti bahwa Anda telah gagal, dan itu tidak selalu berarti bahwa Anda harus menghentikan usaha Anda untuk menyusui bayi Anda.
  • Jika pasokan ASI Anda tetap rendah, Anda dapat terus menyusui dengan suplemen formula atau EBM. Makanan tambahan dapat diberikan oleh botol, suplemen nurser, cangkir atau oleh salah satu perangkat makan khusus. Tergantung pada kesehatan bayi, neonatolgist Anda mungkin akan meresepkan formula kalori yang lebih tinggi, atau memiliki fortifier ASI ditambahkan ke susu diungkapkan. Ingat bahwa setiap susu Anda bisa menyediakan, tidak peduli seberapa kecil, adalah karunia yang berharga, yang hanya Anda mampu menyediakan.
  • Sebagian besar bayi prematur mengalami gangguan oral motor sehingga dapat berdampak pada kemampuan menyusui. Beberapa bayi prematur tidak pernah belajar untuk menghisap dengan baik, meskipun mereka mungkin akan tumbuh dan berkembang dengan cara lain. Anda dapat terus memberikan ASI untuk bayi Anda dengan mengungkapkan dan memberikan EBM dalam botol. Sebuah rutinitas yang baik adalah untuk memberi makan bayi Anda EBM dari botol, dan kemudian mengungkapkan untuk pakan berikutnya sementara bayi Anda dekat-oleh. Kedengarannya aneh, tapi itu benar-benar bagus (dan menghemat waktu) untuk menggabungkan makan dan mengekspresikan cara ini daripada memisahkan dua kegiatan.
  • Tidak perlu kawatir bila bayi Anda tidak akan menderita jika Anda tidak dapat memberikan ASI. Kadang-kadang, bahkan dengan niat baik dan yang terbaik dari usaha, pasokan hanya tidak meningkat. Hal ini terjadi lebih sering daripada buku-buku dan ahli laktasi akan memiliki Anda percaya, dan itu bukanlah merupakan indikasi kegagalan. Pasokan susu bukanlah persamaan sederhana, terutama dengan bayi prematur. Stres memiliki bayi prematur, kondisi fisik Anda sendiri sebagai hasil dari kelahiran semua datang ke dalam bermain serta seberapa cepat Anda dapat benar-benar perawat, dan seberapa cepat setelah melahirkan Anda diberi akses ke pompa.
  • Meskipun dimungkinkan untuk membangun pasokan melalui memompa, sangat sulit, dan kebanyakan wanita akan mengalami penurunan pasokan mereka setelah sekitar 6 minggu memompa eksklusif. Kadang-kadang hal ini dapat diatasi, dan kadang-kadang tidak bisa.
  • Bantuan suami Untuk ibu berjuang dengan tuntutan memompa, dukungan suami sangat penting. Suami dapat membantu dengan istirahat mendorong, belanja untuk makanan dan memasak, menyediakan persahabatan selama sesi ASI tak berujung, menawarkan backrubs, majalah pinjaman dan video untuk membantu membuat waktu yang dihabiskan mengungkapkan lebih ditoleransi. Dan ingat untuk memuji. Memerah ASI selama berbulan-bulan bisa merasa seperti tugas tanpa pamrih. Para suami yang memelihara istri mereka melalui proses yang panjang dan menuntut membantu untuk memberikan bayi prematur mereka dengan hadiah yang unik dari cinta. Kadang-kadang menjadi jelas bahwa menyusui tidak bekerja keluar. Hal ini dapat sangat berpengaruh bagi seorang ibu yang selalu berharap untuk menyusui, dan cinta dan dukungan dari seorang suami bisa menjadi kenyamanan besar.
  • Kapan harus menyapih Saat bayi berusia beberapa bulan (atau lebih muda) atau beberapa tahun. Saat bayi Anda tumbuh, ASI tetap menjadi sumber penghiburan sebanyak nutrisi. Ini adalah bagian dari hubungan yang unik yang dapat terus selama Anda dan anak Anda menikmatinya, terlepas dari jumlah susu yang disediakan.

Referensi:

  • Neifert, Marianne, Dr. Mom’s guide to breastfeedingPenguin Group, 1998. Excellent information on breastfeeding high risk infants. A good source for information on increasing supply. One of the only books to address the emotional concerns of not being able to supply an adequate amount of milk.
  • Eiger, Marvin S, and Olds, Sally Wendkos The complete book of breastfeeding Workman Publishing,1987. Excellent section on expressing and storing milk
  • Breastfeeding Premature Infant http://www.lalecheleague.org/nb/nbpremature.html

supported by

NICU-PREMATURE FOLLOWUP CLINIC Kenali dan identifikasi permasalahan kesehatan bayi prematur anda hari ini, saat usia anak dan di kemudian hari. Cegah dampaknya sejak usia dini GRoW UP CLINIC JAKARTA Yudhasmara Foundation GRoW UP CLINIC I Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210, phone (021) 5703646 – 44466102 GRoW UP CLINIC II MENTENG SQUARE Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430, Phone (021) 44466103 – 97730777email : judarwanto@gmail.com

http://growupclinic.com http://www.facebook.com/GrowUpClinic Creating-hashtag-on-twitter@growupclinic
“GRoW UP CLINIC” Jakarta Focus and Interest on: *** Allergy Clinic Online *** Picky Eaters and Growup Clinic For Children, Teen and Adult (Klinik Khusus Gangguan Sulit Makan dan Gangguan Kenaikkan Berat Badan)*** Children Foot Clinic *** Physical Medicine and Rehabilitation Clinic *** Oral Motor Disorders and Speech Clinic *** Children Sleep Clinic *** Pain Management Clinic Jakarta *** Autism Clinic *** Children Behaviour Clinic *** Motoric & Sensory Processing Disorders Clinic *** NICU – Premature Follow up Clinic *** Lactation and Breastfeeding Clinic *** Swimming Spa Baby & Medicine Massage Therapy For Baby, Children and Teen ***
Professional Healthcare Provider “GRoW UP CLINIC” Dr Narulita Dewi SpKFR, Physical Medicine & Rehabilitation curriculum vitae HP 085777227790 PIN BB 235CF967 Clinical – Editor in Chief : Dr WIDODO JUDARWANTO, pediatrician email : judarwanto@gmail.com curriculum vitaeCreating-hashtag-on-twitter: @WidoJudarwanto www.facebook.com/widodo.judarwanto Mobile Phone O8567805533 PIN BB 25AF7035

We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life.
Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider

Copyright © 2014, GRoW UP CLINIC Information Education Network. All rights reserved

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s